KKBAS di Tanah Papua Minta Jokowi Tunjuk Juliana Waromi sebagai Pj Gubernur Papua

 

Ketua KKBAS Kota Jayapura di tanah Papua, Lukson Wanggai, Amd (pakai mahkota papua) di dampingi pengurus. (Celia)  


diperbarui oleh :kkbaskotajayapura.blogspot.com Jayapura / 12/08/2023

JAYAPURA  Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui (KKBAS) di tanah Papua meminta Presiden Ir. Joko Widodo untuk menunjuk (menetapkan) DR. Juliana J Waromi sebagai Penjabat Gubernur Papua seiring berkhirnya masa jabatan dari Lukas Enembe.

Alasan KKBAS di tanah Papua mendukung DR. Juliana J Waromi sebagai calon Pj. Gubernur Papua yakni, Seorang pejabat birokrat senior di Provinsi Papua, dia juga Sekwan terbaik se- Indonesia berdasarkan penilaian kementerian keuangan RI, pejabat yang bersih dan berintegritas dan seorang perempuan Papua yang berpendidikan Doktor di bidang keuangan pemerintahan. Selain itu seorang Hamba Tuhan yang setia melayani dalam tugas pelayanan di gereja dan masyarakat.

Untuk mencermati dinamika penunjukkan Penjabat Gubernur Papua seiring dengan akan berakhirnya masa jabatan Gubernur Papua, Lukas Enembe, pada bulan September 2023 mendatang dan menyusul penyerahan tiga nama bakal calon Pj. Gubernur Papua dari DPR Papua kepada Menteri Dalam Negeri RRI pada kamis 10 Agustus 2023.

Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui di tanah Papua mendukung penuh kebijakan dan komitmen Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk terus membangun Papua dalam seluruh aspek pembangunan termasuk di dalamnya hal penunjukan Pj. Gubernur Papua.

Selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah adalah orang Orang Asli Papua sebagai wujud dari implementasi semangat dan Roh Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua yakni, pengakuan penghormatan, pemberdayaan dan perlindungan hak-hak dasar Orang Asli Papua.

 

Arkilaus Fonataba, masyarakat Saireri, (pakai kemeja putih), Sabtu, (12/8/2023). (Celia)   

Dalam pernyataan sikap yang di bacakan ketua Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui (KKBAS) Kota Jayapura di tanah Papua, Lukson Wanggai, Amd menyampaikan, Presiden Jokowi harus mempertimbangkan dan menunjuk Juliana Waromi sebagai Penjabat Gubernur Papua.

"Sebagai wujud kesetaraan gender di tanah Papua maka Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui di tanah Papua meminta kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk mempertimbangkan DR. Juliana J Waromi, SE.MSi sebagai salah satu sosok birokrat perempuan Papua yang memiliki pengalaman, dedikasi dan integritas serta loyalitas yang tinggi dalam mendukung akselerasi penyelenggaraan roda pemerintahan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Provinsi Papua," ungkapnya, di Jayapura, Sabtu, (12/8/2023)

"Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui di tanah Papua memberikan apresiasi dan penghargaan kepada DPR Papua yang telah mengusulkan DR. Juliana J Waromi,SE.MSi sebagai salah satu calon PJ Gubernur Papua, dan kami Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui di tanah Papua berharap tetap mengawal tahapan dan proses penunjukkan Pj. Gubernur Papua dengan komitmen awal DPR Papua bahwa Gubernur Papua haruslah Orang Asli Papua dan menguasai persoalan Papua hari ini".

"Mencermati berbagai dinamika persoalan Papua hari ini dn juga kesiapan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang KKBAS di tanah Papua berpandangan bahwa Papua butuh figur perempuan Papua yakni, DR. Juliana J Waromi, SE.MSi sebagai sosok perempuan Saireri yang memiliki hati lemah lembut, penuh kasih dan damai mengatur penyelenggaraan roda pemerintahan pembangunan di Papua yaitu Tabi-Saireri".

Sementara salah satu masyarakat Saireri, Arkilaus Fonataba mengatakan, pemerintah pusat juga memperhatikan kaum gender untuk setara mendapat jabatan strategis di provinsi Papua.

"Kami dari masyarakat Saireri mengharapkan kepada pemerintah pusat untuk memperhatikan kaum gender (perempuan) untuk setara mendapat kedudukan untuk jabatan strategis di provinsi Papua," katanya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa beberapa perempuan Papua sudh di berian jabatan terbaik sehingga Juliana Waromi harus juga di tunjuk sebagai Pj. Gubernur Papua.

 Papua ini ada masyarakat Tabi juga masyarakat Saireri. Seperti Vince Suebu yang menjadi Duta Besar New Zeland juga Ribka Haluk sebagai Pj. Gubernur Provinsi Papua Tengah dan kita harapkan juga untuk jabatan Pj. Gubernur Papua juga di berikan kepada perempuan Saireri yakni, DR. Juliana J Waromi," tuturnya.

 

Sumber Ling web:  www.lintaspapua.com 

(https://www.lintaspapua.com/lintas-jayapura/6559792391/kkbas-di-tanah-papua-minta-presiden-menetapkan-juliana-waromi-sebagai-pj-gubernur-papua)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar