Lomba Karnaval Perahu Hias dari Pemuda Saireri Papua dalam rangka HUT 78 RI di Mimika

 


 diperbarui oleh : kkbaskotajayapura.blogspot.com 12/08/2023

TIMIKA | Ada yang menarik dari lomba mobil hias dalam menyambut HUT ke 78 RI yang digelar Pemkab Mimika, Papua Tengah, Sabtu (12/8/2023).

Ialah mobil hias berbentuk perahu dari Pemuda Saireri Papua Kabupaten Mimika.

Mobil hias berbentuk perahui ini tidak asal dibuat untuk memeriahkan lomba, tetapi memiliki makna tersendiri.

Perahu, menurut Ketua Pemuda Saireri Papua Mimika Silas Wopari, adalah simbol transportasi orang Saireri yang dikenal gagah berani mengarungi laut.

Simbol perahu dengan berbagai ukiran, sebagai bentuk representasi atas keberanian dan jati orang Saireri.

“Perahu adalah salah satu simbol kebudayaan yang melekat pada peradabaan orang Saireri, sebagai suku yang terkenal karena keberaniannya dalam menjelajah lautan,” kata Silas.

Bunyi alat musik Tabura juga dibunyikan selama melintasi rute lomba mobil hias dari halaman Kantor Puspem Mimika hingga betakhir di pelataran Gedung Eme Neme Yauware.

Kata Silas, Tabura sebagai logo atau simbol Pemuda Saereri Papua. Tabura kala itu digunakan para lelulur sebagai media  mengumpulkan masyarakat untuk membicarakan persoalan adat, seruan ibadah dan lainnya.

“Tabura tidak hanya sekedar ditiup, namun punya irama sebagai maksud tujuan. Saat ini Tabura masih eksis digunakan terutama pada perayaan pesta adat dan pengiring tari-tarian,” kata Silas.

Menariknya pada mobil hias dari Pemuda Saireri Papua memajang dua tokoh Pahlawan Nasional asal Saireri, yaitu Silas Papare dan Frans Kaisepo.

Menurut Sekretari Pemuda Saireri Papua Mimika Jimmy Oroh Yarangga, pihaknya memasang foto Pahlawan Nasional Silas Papare dan Frans Kaisepo agar anak muda Saireri dapat mengetahui jika ada Pahlawan Nasional berasal dari wilayah adat Saireri.

Tokoh pejuang NKRI asal Saireri, kata Jimmy tak hanya Silas Papare dan Frans Kaisepo, tapi juga ada Marthen Indey dan Yohannes Abraham Dimara.

“Saya harap perjuangan pejuang Nasional ini dapat menginspirasi anak- anak muda Saereri untuk dapat melakukan hal-hal positif, terutama dalam menjaga NKRI,” pungkas Jimmy.

 

Sumber media ling web : seputarpapua.com

 (https://seputarpapua.com/view/makna-perahu-dari-pemuda-saireri-papua-pada-lomba-mobil-hias-hut-78-ri-di-mimika.html)

 


 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar