Papua Makin Memanas, Butuh Perempuan sebagai Calon Pj Gubernur Papua

 

Tokoh masyarakat adat Papua, ketika menyampaikan keterangan pers di Jayapura, Jumat (11/8/2023). (Foto: Makawaru da Cunha/Papuainside.id)   

kkbaskotajayapura.blogspot.com JAYAPURA—Tokoh Masyarakat Adat di Provinsi Papua memohon Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, menetapkan dan melantik Perempuan Asli Papua Juliana J Waromi sebagai Pj Gubernur Papua.

Demikian disampaikan Kepala Suku atau Ondoafi Tobati Laut Drs Hans Howa Ireeuw, MSi, didampingi Tokoh Masyarakat Adat Tabi Nikanor Pae dan Anak Adat Tabi Andi Taurui, ketika menyampaikan keterangan pers di Jayapura, Jumat (11/8/2023).

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, telah mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Papua kepada Ditjen Otda Kemendagri di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Masing-masing Antonius M Ayorbaba, yang kini menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun, yang kini menjabat Plh Gubernur Papua dan Juliana J Waromi, yang kini menjabat Sekretaris DPR Papua.

Ondoafi Tobati Laut Drs Hans Howa Ireeuw, MSi mengutarakan pihaknya minta Presiden, untuk menetapkan satu dari tiga nama calon Pj Gubernur Papua, yakni Juliana J Waromi sebagai Pj Gubernur Papua.

Ia melihat suhu politik di Papua sementara memanas dan trend meningkat. “Rumah kami disini lagi susah dan sedih dengan pelbagai macam persoalan yang terjadi di tanah Papua,” tandasnya.

Oleh karena itu, kehadiran seorang perempuan asli Papua yang mempunyai hati dingin dan damai, untuk mengurus dan mengatur  rumah tangganya dan negerinya, sebagaimana Presiden telah menetapkan Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah.

“Dia mengatur rumah tangganya baik dulu baru dia memanggil anak laki laki sulung datang untuk menjabat sebagai Gubernur definitif Provinsi Papua,” jelasnya.

Tokoh Masyarakat Adat Tabi Nikanor Pae menyampaikan kepada Presiden Jokowi, untuk menetapkan dan melantik Juliana J Waromi sebagai Pj Gubernur Papua.

“Bapak Jokowi tolong berikan kesempatan untuk dia duduk dan memimpin kitong punya Papua ini. Kitong Papua lagi menangis menghadapi banyak tantangan yang makin kompleks,” imbuhnya.

Anak Adat Tabi Andi Taurui mengatakan Juliana J Waromi  sangat layak mendapat jabatan Pj Gubernur Papua, untuk melakukan pelayanan, tapi juga mempersiapkan Gubernur Papua definitif yang nanti akan terpilih.

Oleh: Makawaru da Cunha  I

Sumber Berita : papuainside.id

diperbarui : kkbaskotajayapura.blogspot.com

/2023/08/12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar