Presiden Diminta Tetapkan Juliana Waromi Calon Pj Gubernur Papua


Koalisi Perempuan dan Organisasi Masyarakat Sipil Tabi Saireri di Papua, ketika menyampaikan keterangan pers di Jayapura, Jumat (11/8/2023). (Foto: Makawaru da Cunha/Papuainside.id)

kkbaskotajayapura, JAYAPURA—Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, diminta untuk menetapkan dan melantik Perempuan Asli Papua Juliana J Waromi sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Papua.

Demikian disampaikan Koalisi Perempuan dan Organisasi Masyarakat Sipil Tabi Saireri di Papua, ketika menyampaikan keterangan pers di Jayapura, Jumat (11/8/2023).

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, telah mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Papua kepada Ditjen Otda Kemendagri di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Masing-masing Antonius M Ayorbaba, yang kini menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun, yang kini menjabat Plh Gubernur Papua dan Juliana J Waromi, yang kini menjabat Sekretaris DPR Papua.

Perwakilan Perempuan Sarmi Tabi/Saireri Levina Yane mengatakan pihaknya mendorong Juliana J Waromi ditetapkan sebagai Pj Gubernur Papua. Hal ini sebagaimana  30 persen keterwakilan perempuan di legislatif.

Direktur Yayasan Harapan Ibu Papua (YHIP) Vanda Kirihio menyatakan dukungan penuh dan merekomendasikan Juliana J Waromi sebagai calon  Pj Gubernur Papua.

“Kita ingin mendorong, untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender terhadap perempuan yang selama ini bagaimana kita bisa mengikis budaya patriarkal dan mengangkat martabat Perempuan, khususnya perempuan asli Papua,” ungkapnya.

Pokja DAP dan YMC Papua Imelda Baransano mengatakan pihaknya sejauh ini melihat bahwa Papua hari ini ada didalam kondisi “sakit” sehingga membutuhkan seorang mama untuk merawat dan mengasihi, agar orang Papua lebih nyaman tinggal didalam bingkai NKRI.

“Jika bapak Jokowi berkenan biarlah beliau yang dipilih, untuk melihat kondisi kami yang sedang ada didalam kesakitan,” tandasnya.

Anggota Pleno Perempuan Dewan Adat Papua (DAP) Abina Beno mengatakan Juliana J Waromi sangat layak dan mampu sebagai Pj Gubernur Papua.

“Mama Juliana Waromi mempunyai kemampuan dan berpengalaman di birokrasi setara dengan laki laki,” ujarnya.

Aktivis Perempuan Papua Doliana Yakadewa memohon dari tiga nama calon Pj Gubernur Papua, agar Presiden menetapkan Juliana J Waromi sebagai Pj Gubernur Papua.

“Krisis kepemimpinan oleh laki-laki itu membuat kami perempuan susah dan sakit setengah mati. Jangan dipolitisir lagi. Jadi kalau dapat kasih dulu perempuan sudah bapak. Nanti baru dia atur siapa yang terpilih jadi Gubernur Papua definitif,” pungkasnya.

Ketua Perkumpulan Pengusaha Asli Papua Bersatu (PPAPB) Provinsi Papua Hugo M Merani mengatakan sejak berdirinya Pemerintah Provinsi Papua sebagai provinsi tertua di Tanah Papua, Gubernur Papua selalu diduduki kaum pria.

“Kami melihat bahwa kepemimpinan seorang perempuan tak pernah terjadi hingga terbentuknya DOB baru Pak Jokowi menunjuk Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah,” ucapnya.

Ia berharap kepada Presiden Jokowi segera melantik Juliana J Waromi sebagai figur terbaik perempuan Papua untuk menduduki kursi  Pj Gubernur Papua.

“Ada figur-figur terbaik juga dari pria, tapi kami berharap seorang pemimpin perempuan tampil dan memberi contoh dan teladan bagi kaum perempuan lain di atas tanah Papua,” terangnya.

Pengurus Pemuda Saireri  Papua Lukas B Ruatakure mengatakan pihaknya mendukung Juliana J Waromi sebagai Penjabat Gubernur Papua.

 Oleh: Makawaru da Cunha  I

  https://papuainside.id/presiden-diminta-tetapkan-juliana-waromi-calon-pj-gubernur-papua/

 Sumber Berita : tribunnews.com

diperbarui : kkbaskotajayapura.blogspot.com

/2023/08/12


Tidak ada komentar:

Posting Komentar